Pidato Narkoba, Contoh Naskah Pidato Tentang Bahaya Narkoba

Contoh Naskah Pidato Tentang Bahaya Narkoba

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah beserta dewan guru dan tidak lupa rekan-rekan siswa SMU Negeri 1 Pamekasan yang saya cintai.

Pertama, saya ucapkan puji syukur ke Hadirat Tuhan YME atas segala rahmat dan karuanianya sehingga kita masih bisa berkumpul dalam kesempatan yang berbahagia ini. Tidak lupa pula saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berdiri di hadapan hadirin semua dan berbicara mengenai Narkoba pada generasi muda dalam rangka hari anti narkoba sedunia yang jatuh pada hari ini.

Generasi muda dan narkoba merupakan dua hal yang sangat berhubungan erat karena belakangan ini banyak ditemui di beragam kasus narkoba yang meibatkan generasi muda kita. Bukan hanya sebagai pemakai, tidak sedikit generasi muda yang rela menjadi pengedar narkoba sehingga semakin membuat pelik permasalahan tentang narkoba di lingkungan generasi muda.

Terlibatnya generasi muda Indonesia pada jaringan narkoba internasional juga disinyalir telah marak terjadi akhir-akhir ini. Sehingga membuat pihak Kepolisian dan aparat yang terkait harus bekerja ekstra keras untuk mengungkap serta meminimalkan hal-hal yang tidak baik tersebut. Satu hal yang sungguh mencengangkan adalah semakin luasnya peredaran narkoba saat ini bahkan telah merambah sampai ke lingkungan Sekolah Dasar. Sebuah tamparan yang cukup keras bagi para penegak hukum tentu saja.

Kita tidak bisa semena mena menyalahkan para generasi muda tersebut, mengapa sampai mereka terjerumus ke dalam lingkaran setan tersebut. Adalah sebuah langkah yang bijak bila kita mencari akar pokok permasalahannya mengapa sampai mereka tergelincir ke dunia narkoba. Bila masalah utama ada pada peran orang tua yang kurang memberikan perhatian serta kasih sayang kepada anak-anaknya, pola pendekatan kepada orang tua harus segera dilakukan, demikian juga bila ditemukan pemicu masalah yang lain.

Memenjarakan generasi muda yang terlibat dalam dunia narkoba, terutama yang generasi muda sebagai pemakai narkoba, bukan lah langkah penyelesaian yang bijak. keputusan tersebut tidak lah menyelesaikan masalah. Yang terjadi sebenarnya hanya meredam masalah sesaat dan ibarat menyimpan bom waktu yang setiap saat bisa meledak. Langkah yang bijak adalah menempatkan generasi muda sebagai pemakai narkoba ke dalam tempat rehabilitasi sehingga para pemakai narkoba tidak merasa terasing dan bersalah yang berkepanjangan sehingga malah akan menimbulkan masalah baru di ekmudian hari. Hal ini sangat penting mengingat para generasi muda merupakan tulang punggung negara dan merupakan calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Apabila terdapat salah kata yang menyinggung para hadirin sekalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga apa yang telah saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua

Wasaalamu’alaikum Wr. Wb

Leave a Reply